Senin, 18 Agustus 2014

KENDALA BUDIDAYA SEMUT RANGRANG

Kendala Budidaya Semut Rangrang



1. Mati
Kematian semut rangrang dalam jumlah yang sangat banyak sering membuat peternak semut rangrang bingung. Dalam beberapa kasus, jumlahnya mencapai >75% populasi.

Faktor kematian semut rangrang sbb:


A. Gas
Semut rangrang mempunyai beberapa senjata untuk bertahan hidup dari para predatornya. Salah satunya adalah gas khas semut yang mengandung asam tingkat rendah. Jika koloni semut rangrang menghirup gas ini maka dipastikan bahwa sebagian besar kawanan semut rangrang akan mati dalam hitungan jam saja. Tingkat kematiannya bisa mencapai 100%.

Kasta semut rangrang mana yang mengeluarkan gas?
Seperti yang telah kita ketahui, semut rangrang memiliki kasta dan masing-masing mempunyai tugas sendiri-sendiri. Garda pertama semut rangrang yang bertugas untuk menjaga keselamatan kawanan semut rangrang adalah semut prajurit. Semut prajurit ini biasanya berjumlah paling banyak dalam 1 sarang. pertama, mereka menyerang dengan menggigit secara bersama-sama. Jika dengan cara ini masih belum mampu melumpuhkan/membunuh, mereka akan mengeluarkan gas dengan harapan musuh akan mati atau dalam kondisi mabuk dan mereka bisa melarikan diri.

Apa yang menyebabkan semut rangrang mengeluarkan gas?
a. Merasa tidak nyaman/stress
Jika kawanan semut rangrang masih baru menempati sarang buatan (jangka waktu 0-3 hari), kemudian kita bongkar/pindah lagi ke media sarang buatan lain, maka bisa dipastikan bahwa kawanan semut akan mengeluarkan gas.
b. Merasa terancam hidupnya sendiri maupun kawanan/koloninya.
Hal ini kita temui saat kawanan semut rangrang berkelahi masal karena berbeda koloni. 

Bagaimana ciri-ciri semut rangrang yang mati karena gas?
Semut rangrang yang mati karena menghirup gas memiliki bentuh tubuh yang utuh. Tidak ada bagian yang terpotong-potong.

Cara mengatasi
Dalam budidaya menggunakan media sarang buatan, jalan terbaik untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengantisipasinya. Mengingat media sarang buatan yang kita pakai sedikit lebih tertutup dibanding media sarang alami, maka pada waktu kita mencium bau gas khas semut, maka cara antisipasi terbaik adalah segera melakukan sirkulasi udara. Agar gas itu segera keluar dari media sarang buatan dan digantikan dengan udara bersih. Harapan kita, semakin cepat gas keluar dari media sarang buatan, maka semakin sedikit kawanan semut yang menghirup gas dan mati karenanya.

B. Berkelahi/perang antar semut rangrang beda koloni
Jika semut rangrang beda koloni bertemu, maka mereka akan berkelahi. Ingat yah, beda koloni. Bukan beda sarang. Karena belum tentu beda sarang, berbeda pula koloninya.

Bagaimana cara mereka berkelahi? Bagaimana ciri-cirinya kematiannya? Mereka akan saling menggigit anggota tubuh sampai putus dan salah satu dari mereka mati. "One last man standing still
Jika yang terlibat perkelahian ini banyak (puluhan bahkan ratusan), biasanya juga ditandai dengan bau gas khas semut rangrang.

Apa yang menyebabkan semut rangrang berkelahi?
Semut rangrang termasuk binatang teritorial, jadi mereka berkelahi disamping untuk mempertahankan kawanannya, juga untuk mempertahankan teritorialnya. 

Mengapa teritorial itu penting bagi semut rangrang? Hal ini berhubungan dengan penguasaan wilayah pencarian makanan. Semakin luas teritorialnya, maka ketersediaan makanan juga semakin banyak.

Cara mengatasi
Jika dalam budidaya kita temui ada kawanan semut saling berkelahi, segera semprot perkelahian tersebut dengan embun air melalui alat semprot cairan tangan (model Trika, pengharum pakaian) lalu segera pisahkan sarang buatan yang terindikasi berbeda koloni tersebut.

C. Tidak mau makan/minum
Semut rangrang adalah makhluk hidup. Mereka butuh makan dan minum juga. Jika mereka tidak makan atau minum, maka mereka akan mati juga.

Apa yang menyebabkan mereka tidak mau makan minum makanan dan minuman yang kita sediakan?

a. Kurang disukai oleh semut rangrang.
Jadi makanan tersebut tidak disentuh sama sekali oleh semut rangrang. Makanan ini ada yang karena memang benar-benar tidak disukai dan ada yang karena sudah busuk.

b. Menyesuaikan lingkungan tempat tinggal
Dalam jangka waktu 0-3 hari setelah kepindahan sarang (baik dari alam ke sarang buatan maupun dari media sarang buatan ke media sarang buatan lain, dengan catatan kepindahan tersebut bukan karena keinginan semut rangrang/over populasi dalam 1 sarang), umumnya mereka masih belum mau makan dan minum.

c. Kurangnya jumlah semut prajurit dan semut pekerja dalam sebuah sarang
Salah satu tugas semut prajurit adalah mencari makanan lalu membawanya ke dalam sarang. Kemudian semut pekerja akan memberi makan kepada ratu semut, semut jantan, larva dan pupa.
Jadi jika jumlah semut prajurit dan semut pekerja kurang dari 25% total populasi, maka semut ratu, semut jantan, larva dan pupa akan mati karena kurangnya tenaga pencari dan pemberi makanan dan minuman. Seharusnya jumlah semut prajurit dan semut pekerja sebesar minimal 75% dari total populasi.

Cara mengatasi
1. Jika penyebab pertama, segera ganti makanan tersebut dengan makanan yang disukai oleh semut rangrang. Jika makanan sudah busuk, segera ambil dan buang makanan tersebut. Karena makanan busuk bisa menyebabkan semut rangrang berpindah sarang.

2. Jika penyebab kedua, tidak ada yang bisa kita lakukan selain menunggu waktu maksimal 3 hari. Setelah 3 hari, sedikit demi sedikit mereka akan makan dan minum makanan dan minuman yang kita sediakan. Be patient! 

3. Biasanya penyebab ketiga terjadi jika:
a. Kita mengambil sarang dari alam dalam waktu yang kurang tepat.
Maksudnya, kita mengambil sarang alam di waktu "jam sibuk" atau cuaca cerah. Karena saat itu semut pekerja mayoritas berada di luar sarang alam. Sehingga sewaktu kita ambil, yang ada di sarang cuma sebagian kecil semut prajurit, sebagian besar semut pekerja, semut jantan bahkan ratu semut.
Untuk itu pahami "jam sibuk" semut rangrang dan cuaca yang mendukung (cerah, tidak mendung/hujan, suhu sedang/tidak dingin) sbb:
- antara jam 9-11
- antara jam 14-16
Solusi terbaik, ambil sarang diwaktu non "jam sibuk"

b. Sebagai pembudidaya pemula, kita salah paham tentang keharusan jumlah ratu semut dan semut jantan dalam sarang, lalu kita membeli bibit semut rangrang dari penyedia yang menjanjikan bahwa dalam sarang terdapat banyak ratu semut dan semut jantan.
Awalnya kita senang karena melihat dalam satu sarang banyak sekali ratu semut dan semut jantannya. Kita langsung berpikiran, bakal banyak nih kroto yang akan dihasilkan. Guest what? Sorry, you are wrong!!! 
Anda lupa bahwa semut ratu dan semut jantan juga makhluk hidup. Butuh makan. Kalau yang mencarikan dan memberi makan jumlahnya lebih sedikit, otomatis akan banyak ratu semut, semut jantan, larva dan pupa yang tidak ter'cover. Ujung-ujungnya mereka mati.
Solusinya, mintalah kepada penjual untuk menyediakan bibit semut rangrang dengan jumlah semut prajurit dan pekerja lebih banyak dibandingkan jumlah ratu semut, semut jantan, larva dan pupa.

D. Ratu Semut
Ratu Semut bisa menyebabkan kematian? Yah benar, Ratu Semut bisa menyebabkan kematian massal.

Kapan itu terjadi? Biasanya jika sarang mereka diserang oleh semut rangrang dari koloni lain dalam jumlah yang banyak. Ketika kawanan semut rangrang merasa terdesak, maka ratu semut akan mengeluarkan perintah melalui sinyal tertentu kepada semut prajurit untuk mengeluarkan gas agar kawanan semut rangrang tersebut mati secara massal. Dengan jumlah yang sangat banyak, otomatis konsentrasi gas asam tersebut sangat tinggi, sehingga menyebabkan kematian massal.
Mengapa hal ini terjadi? Seorang peneliti dari australia menerangkan bahwa prilaku ratu semut tersebut bermaksud agar tidak ada kawanan semut (sekaligus larva dan pupa) yang diambil oleh semut rangrang penyerang. Harakiri

E. Suhu dan Kelembapan Lingkungan Sarang
Suhu dan tingkat kelembapan juga berdampak pada kematian semut rangrang. Suhu ideal 27C-32C dg tingkat kelembapan 70%-90%.

Suhu yang terlalu panas menyebabkan banyak semut, telur, larva dan pupa yang mati. Sedang tingkat kelembapan yang tinggi menyebabkan cepatnya pertumbuhan jamur pada makanan maupun media sarang buatan.

Jika daerah anda suhu mencapai lebih dari suhu ideal, segera lakukan semprotan embun air di sekitar media sarang buatan untuk menurunkan suhu.

Jika permasalahan kelembapan, biasanya ditandai dengan adanya embun pada dinding media sarang buatan, segera lakukan sirkulasi udara atau pindahkan kawanan semut rangrang tersebut ke media sarang yang baru dengan jumlah lubang udara lebih banyak.

F. Pestisida/Predator Semut Rangrang
Penyebab kematian semut rangrang yang lain adalah adanya predator semut rangrang yaitu Kodok, Ayam, Tikus dan hewan pengerat lainnya. Disamping itu pestisida juga bisa membunuh kawanan semut rangrang

2. Meninggalkan Sarang Total
Walau sudah berhasil kita tangkarkan, akan tetapi bisa jadi Semut rangrang akan meninggalkan sarangnya secara total (sarang awal dibiarkan kosong) dan berpindah ke sarang yang lain.

Apa yang menyebabkan kawanan Semut Rangrang pindah sarang...??

a. Semut sudah merasa tidak nyaman dengan media sarang tersebut.
- Jika makanan yang dibawa oleh semut rangrang ke dalam media sarang membusuk karena kondisi terlalu lembab, kurang sirkulasi udara.
- Jika disekitar lokasi media sarang buatan sering dilalui oleh manusia.
- Jika suhu lingkungan melebihi panas ideal, yang berakibat pada tingginya suhu dalam media sarang.

Cara mengatasinya : sebagian udah ane jelasin di atas.

b. Mengikuti Naluri Semut
- Coba anda perhatikan, jika media sarang buatan anda terbuat dari botol minuman atau bambu yang ditumpuk dalam 1 rak, maka pada akhirnya nanti semut akan memilih sarang yang posisinya dibagian atas. Ini adalah naluri semut. Di alam, mereka memindah sarang ke tempat yang lebih atas agar tidak merasa terganggu dengan manusia dan predator serta agar memperoleh sirkulasi udara yang lebih baik.

Cara mengatasinya:
Jika media sarang buatan anda berbentuk Tube/Bulat Memanjang (botol, bambu, paralon), maka jangan susun media tersebut secara vertikal ke atas. Biarkan saja terdiri dari 1 baris. Jangan 2 baris.

3. Lambatnya perkembangbiakan Semut Rangrang
Ross H. CROZIER†, Philip S. NEWEY, Ellen A. SCHLÜNS& Simon K.A. ROBSON (2010), dalam jurnal ilmiah " A masterpiece of evolution – Oecophylla weaver ants (Hymenoptera: Formicidae)" menerangkan bahwa perkembangbiakan semut rangrang sangat dipengaruhi oleh suhu ideal dan kandungan makanannya. Bahwa pada suhu 30C, siklus kehidupan telur, larva, pupa dan menjadi semut kecil berkisar 28 hari. Bahwa kandungan makanan untuk telur, larva dan pupa mempengaruhi kualitas dan hasilnya. Bukan waktu dan kuantitasnya. Bahkan Edward O. Wilson, dalam “On Flanders' Hypothesis Of Caste Determination In Ants” (Sumber), menjelaskan bahwa kandungan makanan diduga hanya mempengaruhi hasil akhir penetasan telur semut rangrang. Telur mana yang berubah menjadi calon Ratu Semut, Semut Jantan atau semut yang lainnya.

Jika suhu ideal dan kandungan makanannya tepat atau minimal mendekati, maka perkembangbiakan semut rangrang bisa sesuai dengan waktu alami perkembangbiakannya. Bukan dipercepat. Kita tidak bisa menyalahi kodrat alam periode perkembangbiakan semut rangrang untuk saat ini dengan mempercepatnya.
Misal, kita tidak mungkin mempercepat proses bertelurnya ratu semut atau semut pekerja menjadi 3 hari sekali lalu semut ratu atau semut pekerja sudah siap bertelur lagi. That's impossible!!!.
Kita juga tidak mungkin mempercepat proses berubahnya telur menjadi Larva lalu menjadi pupa dan terakhir menjadi semut kecil. Semua itu membutuhkan waktu 28 hari dengan suhu 30C. Kalo suhu terlalu panas, telur, larva dan pupa akan mengering lalu mati. Kalo suhu terlalu dingin, embrio dalam telur, larva dan pupa tidak akan berkembang.

Namun kita bisa kalau untuk memperbanyak Larva dan pupa yang dirawat oleh kawanan semut agar semakin banyak nantinya jumlah kawanan semut rangrang.

Bagaimana caranya? Beri saja kawanan semut rangrang itu dengan Kroto fresh dari sarang lain. Nanti kawanan semut rangrang itu akan membawa Larva dan pupa tersebut ke dalam sarang dan dirawat oleh mereka sampai menetas.

Mungkin gak kita memperbanyak kuantitas telur yang dihasilkan oleh ratu semut atau semut pekerja dengan menggunakan asupan makanan atau suplemen tertentu?
Menurut ane sangat tidak mungkin. Kenapa? Karena makanan dan minuman hanya berpengaruh terhadap kualitas telur yang dihasilkan. Bukan kuantitasnya. Ini sudah dibuktikan oleh para peneliti dalam jurnal ilmiah yang mereka publish. Bahkan menurut mereka, cara terbaik yang bisa mereka simpulkan untuk saat ini untuk memperbanyak jumlah Larva dan pupa adalah dengan memperbanyak ratu semut dalam sarang. Entah apa sebabnya, namun ratu semut mempunyai cara untuk saling bekerja sama dalam memproduksi telur, larva dan pupa sehingga produksi mereka terus menerus tanpa henti.

Jadi sekali lagi, perjelas lagi maksud agan dalam hal lambatnya perkembangbiakan semut rangrang. Kalau mempercepat waktu berkembangbiaknya (dari 28 hari menjadi cuma 10 hari misalnya), sangat tidak mungkin. Tetapi kalo kuantitas dan kualitas dalam berkembangbiak (bagaimana cara memperbanyak kawanan semut rangrang dalam jangka waktu alami perkembangbiakan), sangat bisa dilakukan.

Semoga tulisan ini mampu memberikan wawasan baru kepada para pemula, peminat dan peternak semut rangrang.

Demikianlah kendala dan tantangan untuk para peternak rangrang

Salam sukses buat semua peternak kroto dan sahabat kebun annaml99

Sumber : http://www.kaskus.co.id

12 komentar:

  1. saya sangat tertarik dengan artikel ini. bagaimana saya bisa mempelajarinya lebih terinci?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Thank's gan atas kunjungannya di blog kami...

      Hapus
  3. Senang membaca artikel-artikel dari blog ini. Penjelasannya runutt sehingga muudah dipahami.

    BalasHapus
  4. Siip,,makasih, moga sukses. Amiin.

    BalasHapus
  5. Yang buming jual bibit rangrang, bagaimana peternak apakah belum atau tidak ada yg berhasil memproduksi kroto....

    BalasHapus
  6. gan kenapa y semut rangrang ane telur pasirnya gag mau besar2

    BalasHapus
  7. Saya mau mampir ke kebun ktoto 99 ??

    BalasHapus
  8. Saya kesana tp udh gk ada.pindah kemana nih ????

    BalasHapus
  9. Bagaimana mengatasi masa caltu dan pejantan

    BalasHapus
  10. "Bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya buat yang suka main togel, casino dan slot online disini tempat terbaiknya

    KERIS2 = keris2.com

    Dapatkan promo menarik di beberapa bandar togel, slot dan casino online pilihan kamu sekarang!
    - Cashback Togel 5%
    - Cashback Casino Up 10%
    - Cashback Slot 5%

    Rollingan Besar yang selalu menanti untuk kamu sekarang Coba keberuntungan kamu disini
    - Rollingan Casino 0.7%
    - Rollingan Slot 0.7%

    Dapatkan diskon spesial togel dan hadiah tinggi yang menanti untuk kamu sekarang juga!
    - Diskon Togel 2D = 29% Hadiah x70
    - Diskon Togel 3D = 59% Hadiah x400
    - Diskon Togel 4D = 66% Hadiah x3000

    Semua game ada disini :
    Agen Togel, Agen Togel Aman, Agen Togel Terpercaya, Agen Togel Online, Bandar Togel, Bandar Togel Online, Bandar Togel Terpercaya,
    Bandar Togel Aman, Situs Togel, Situs Togel Online, Situs Togel Terpercaya, Situs Togel Aman, Togel Online, Togel Online Aman,
    Togel Online Terpercaya, Togel Online Terbaik,Agen Slot, Agen Slot Online, Agen Slot Terpercaya, Agen Slot Aman,
    Bandar Slot, Bandar Slot Aman, Bandar Slot Terpercaya, Bandar Slot Online, Situs Slot, Situs Slot Online,
    Situs Slot Terpercaya, Situs Slot Aman, Situs Slot Terbaik, Agen Casino, Agen Casino Online, Agen Casino Aman, Agen Casino Terpercaya,
    Bandar Casino, Slot Online, Casino Online, Bandar Casino Terpercaya, Bandar Casino Terbaik, Bandar Casino Aman,
    Situs Casino Online, Situs Casino Terpercaya, Situs Casino Aman, Situs Casino Indonesia.

    Kami tunggu Kehadirannya Ya Pasti Menang Berapapun Kami Bayar !!!"

    BalasHapus